Kesalahan dalam
menginput password ataupun User ID sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut secara
otomatis mengakibatkan diblokirnya akun Internet Banking. Setiap Bank yang
memiliki layanan Internet Banking mungkin memberikan solusi yang berbeda-beda.
Tetapi dalam konteks Internet Banking Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) tampilan
yang biasanya muncul di layar browser adalah Error BBR00Q2. Untuk mengatasinya
ada dua cara yang bisa ditempuh, yaitu dengan menghubungi Customer Service (CS)
melalui Telepon atau datang langsung ke CS Bank BRI terdekat.
Layanan CS via telepon (operator
telepon otomatis / mesin: No.Telp 14017) ini mengenakan biaya seperti telepon
biasa. Layanan ini cenderung lebih mudah karena nasabah cukup mengikuti arahan
operator untuk menekan tombol-tombol tertentu di telepon dan tidak perlu datang
lalu mengantri ke bank. Namun demikian, komunikasi akan sangat terbatas sesuai
dengan menu yang tersedia dan sifatnya pun hanya satu arah sehingga harus pula
cermat dalam mendengarkan. Beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika akan
memanfaatkan layanan tersebut adalah: Nomor
Rekening Tabungan, Jenis Tabungan (misal: tabungan Simpedes, BRITAMA, dll), Nama Kantor Unit dimana anda membuka rekening
tabungan, Nama Lengkap User ID dan Password, Alamat Lengkap, Nama Ibu Kandung, Menyebutkan Kode error pada
notifikasi kesalahan baik di internet banking maupun di mobile bankingnya (contoh:
BBR00Q2).
Berbeda dengan CS via telepon, dengan layanan CS Bank, nasabah dapat
berkonsultasi lebih leluasa karena komunikasi bersifat dua arah. Untuk
mengatasi masalah Internet Banking yang diblokir, CS di bank biasanya
menawarkan solusi dengan cara me-reset
ulang akun Internet Banking yang bersangkutan. Dalam hal ini proses reset akan dipandu sepenuhnya oleh CS. Kelengkapan yang dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Buku Tabungan
dan Kartu ATM. Semuanya akan difotocopy oleh CS sebagai pertinggal di bank.
Nasabah selanjutnya diminta untuk mengisi form pengajuan pembuatan akun
internet banking. Proses selanjutnya sama dengan pembuatan akun internet
banking untuk pertama kalinya (dianggap seperti belum pernah membuat akun). Sebaiknya
pergilah ke Bank yang agak besar (setingkat Kantor Cabang atau Kantor Cabang
Pembantu BRI) untuk mengantisipasi kelemahan bank kecil (Unit). Karena teman
saya pernah datang ke Unit Bank kecil dan hasilnya nasabah disuruh untuk
menggunakan layanan telepon untuk melakukan reset
internet banking. Malangnya CS pada layanan telepon tersebut juga sedang
sibuk sehingga temen saya disuruh datang kembali esok hari.
Setelah proses pembuatan akun selesai, well done, nasabah dapat menikmati layanan internet banking lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar