Jumat, 01 Agustus 2014

BUMN



DAFTAR BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN)

Para pencaker (Pencari Kerja) terutama yang masih freshgraduade hampir dipastikan akan rela berbondong-bondong untuk ikut seleksi lowongan pegawai BUMN. Sebagian besar alasannya adalah salary atau gaji pegawai BUMN yang cukup tinggi, walaupun kebanyakan statusnya bukanlah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebelum melirik ke BUMNnya, saya mau berkomentar sedikit nih tentang BUMN itu secara umum *biar agak panjang tulisannya. Teringat pernyataan dosen saya dulu (beliau adalah salah satu staft ahli di PTPN IX). Katanya menjadi pegawai BUMN itu memang nikmat karena salary-nya yang tinggi, namun banyak yang kurang produktif sehingga mengakibatkan BUMN kalah saing dari perusahaan swasta lainnya. Artinya salary tinggi itu tidak seimbang dengan kualitas BUMN nya, yakni dari sisi penganggaran itu seharusnya bisa lebih maju dari kondisi existing. Ntah kenapa pembicaraan itu berujung pada ide privatisasi BUMN merupakan langkah solutif. Nah, ini saya hentikan di sini supaya tidak melebar ke pembicaraan mengenai privatisasi BUMN atau mungkin lain waktu akan kita buat tulisan tentang itu yah :).
Untuk kamu yang sedang mencari perusahaan manakah yang berstatus BUMN untuk kemudian menguntil dan menunggu sampai ada lowongan, berikut daftar beberapa Perusahaan BUMN (diakses dari http://bumn.go.id/halaman/situs).
Setiap perusahaan tersebut diklasifikasikan berdasarkan sektor-sektor berikut:
1.   Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, dan Daur Ulang
12. Sektor Akomodasi dan Penyediaan Makanan dan Minuman
 Adapun statistik jumlah BUMN adalah sebagai berikut: (Source)
  Nah, itulah informasi yang sebenarnya penting nggak penting sih karena semuanya Copas dari website resmi BUMN. Biar lebih valid kunjungi langsung aja ke http://www.bumn.go.id/ ya gan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar